KOMPAS.com - Apple kini menjadi merek yang paling berharga di dunia alias most valuable brand. Nilainya bahkan menggeser raksasa situs mesin pencari Google.

Berdasarkan riset WPP Plc. unit Millward Brown, nilai merek Apple meroket 84 persen tahun lalu menjadi 153,3 miliar dollar AS. Sedangkan, nilai merek Google tergelincir 2 persen menjadi 111,5 miliar dollar AS.

Sementara, untuk posisi ketiga ada IBM (International Business Machines) yang naik 17 persen. IBM melangkahi posisi ketiga sebelumnya yakni McDonald's.

"Jadi sudah jelas bahwa setiap pekerja Apple dari Steve Jobs dan Tim Cook mendatangi magang musim panas untuk melindungi dan memelihara merek mereka sebagai prioritas utama," kata Direktur Utama WPP Millward Brown, Eileen Campbell dalam laporannya, Senin (9/5/2011).

Apple merupakan merek yang dipunyai Apple Inc. Perusahaan ini memproduksi iPhone, iPad, iPod dan iMac. Campbell mengatakan, Apple telah meningkatkan hampir dua kali lipat pendapatan dan keuntungannya pada kuartal terakhir. Menurutnya, sejak mengakuisisi Redmond, perusahaan teknologi milik Microsoft Corp pada Mei 2010 lalu, pangsa pasar Apple melonjak pesat.

Lonjakan nilai merek yang paling mengejutkan adalah Facebook. Nilai merek situs jejaring sosial ini melonjak 246 persen. Posisinya kini berada di urutan 35 dengan nilai 19,1 miliar dollar AS. Sementara pesaingnya, mesin pencari asal China, Baidu berada di urutan 29 dengan nilai 22,6 miliar dollar AS. Nilai Baidu melonjak 141 persen atau kedua tercepat setelah Facebook.(Kontan/Edy Can)

Halloween Pumpkins Double Horror Animated Avatars

Poskan Komentar

Copyright © 2009 - 2012 Damai Dan'k